3 Tips Memilih Ekstensi Domain Untuk Website Anda

3 Tips Memilih Ekstensi Domain Untuk Website Anda

Setiap kali mendaftarkan nama domain baru, Anda pasti akan dihadapkan pada dua pilihan ekstensi domain yaitu gTLD (generic Top Level Domain) dan ccTLD (country code Top Level Domain). Ini barangkali yang sering membuat Anda bingung.

Ada yang belum mengerti apa yang dimaksud dengan gTLD dan ccTLD? Biar lebih jelas, saya akan membahas dulu secara sepintas apa perbedaan kedua tipe domain tersebut.

Apa Itu gTLD dan ccTLD?

domain com

gTLD, atau generic Top Level Domain yaitu domain yang dipakai dengan tujuan umum. Domain ini biasanya dapat didaftarkan oleh siapa pun, meskipun ada beberapa ekstensi domain yang dibatasi penggunaannya.

Contoh ekstensi domain gTLD yang cukup populer yaitu .COM, .NET, dan .ORG.

ccTLD atau country code Top Level Domain yaitu domain yang dipakai dengan tujuan spesifik yang merepresentasikan wilayah negara tertentu. Domain ini biasanya hanya bisa didaftarkan oleh seseorang yang tinggal atau bekerja di wilayah tersebut.

Contoh ekstensi domain ccTLD yaitu .ID (Indonesia), .AU (Australia), dan .UK (United Kingdom).

Sudah tahukan perbedaan domain gTLD dan ccTLD?

Nah, pertanyaannya sekarang apa saja yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih ekstensi domain?

Ada 3 faktor yang harus Anda pertimbangkan, yaitu sebagai berikut:

  • Prioritas Utama Adalah Ekstensi .COM
  • Tipe Website Apa Yang Anda Buat?
  • Sesuaikan Dengan Target Pemasaran

Ingin tahu detailnya seperti apa?

Nah, biar lebih jelas di bawah ini saya akan membahas secara lebih detail 3 faktor yang menjadi pertimbangan dalam memilih ekstensi domain tersebut.

Prioritas Utama Adalah Ekstensi .COM

domain seo

Menurut W3techs.com, ekstensi domain .COM merupakan Top Level Domain yang paling populer dan digunakan oleh 52.6% website yang ada di dunia. Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa ekstensi domain .COM lebih populer daripada TLD yang lain?

Faktor SEO (Search Engine Optimization) merupakan alasan utama mengapa ekstensi domain .COM lebih disukai. Sudah bukan rahasia lagi bahwa domain dengan ekstensi .COM lebih dipercaya oleh search engine, yang artinya website dengan ekstensi .COM lebih mudah untuk mendapatkan peringkat bagus di hasil pencarian.

Alasan lainnya yaitu target pengunjung. Pada umumnya orang membuat website dengan target pengunjung dari seluruh dunia. Apalagi jika website itu dipakai untuk keperluan bisnis. Itu sebabnya domain gTLD dengan ekstensi .COM lebih populer.

Website dengan ekstensi .COM memberikan kesan kepada pengunjung bahwa website tersebut untuk semua orang, tidak hanya komunitas lokal saja. Walaupun tentu saja tidak selalu demikian. Banyak juga website dengan domain ccTLD tetapi pengunjungnya mayoritas dari luar negeri.

Sayangnya membuat nama domain dengan ekstensi domain gTLD itu sudah sangat sulit. Mengapa demikian? Karena hampir semua nama domain dengan nama-nama unik dan kata kunci populer baik itu dalam bahasa Inggris maupun Indonesia sudah didaftarkan.

Dengan beberapa pertimbangan di atas, selagi kondisi memungkinkan dan tidak ada peraturan yang mengharuskan Anda untuk menggunakan ekstensi domain tertentu maka prioritaskan untuk memilih .COM.

Tipe Website Apa Yang Anda Buat?

tipe website

Walaupun domain gTLD lebih populer namun bukan berarti Anda harus selalu menggunakan domain gTLD untuk website Anda.

Ada beberapa tipe website yang mengharuskan Anda untuk menggunakan domain ccTLD. Contohnya yaitu website sekolah (.SCH.ID), website perguruan tinggi (.AC.ID), website desa (.DESA) dan website instansi pemerintah (.GO.ID).

Jika Anda ingin membuat website dengan tipe seperti di atas, maka mau tidak mau Anda harus menggunakan ekstensi domain ccTLD karena ada peraturan yang mengharuskan demikian.

Sesuaikan Dengan Target Pemasaran

target pemasaran

Jika Anda membuat website dengan target pemasaran lokal seperti restoran, katering, kafe atau industri rumahan, sangat disarankan untuk menggunakan domain ccTLD seperti .ID atau .CO.ID karena akan lebih mudah dalam menarik pengunjung lokal.

Mengapa domain ccTLD lebih mudah menarik pengunjung lokal?

PERTAMA, domain ccTLD memberikan peluang yang lebih besar kepada website Anda untuk mendapatkan posisi yang bagus pada search engine ketika pengguna melakukan pencarian berdasarkan negara tertentu.

KEDUA, website dengan domain ccTLD memberikan kesan bahwa lokasinya lebih dekat dengan tempat tinggal pengunjung sehingga mereka lebih nyaman untuk melakukan transaksi.

Penutup

Dalam menentukan ekstensi domain, Anda wajib mempertimbangkan tujuan website yang akan Anda buat dan aturan yang mungkin mengharuskan Anda untuk memakai ekstensi domain tertentu.

Jika Anda membuat website dengan tujuan umum dan sifatnya global, maka sebaiknya menggunakan ekstensi domain gTLD seperti .COM, .NET atau .ORG. Namun apabila Anda membuat website untuk sekolah, perguruan tinggi, instansi pemerintah atau perusahaan yang lingkupnya lokal Anda sebaiknya menggunakan ekstensi ccTLD.

Itulah beberapa pertimbangan yang bisa Anda pakai, apakah akan menggunakan domain gTLD atau domain ccTLD ketika akan membuat website.

Wahyu Wibowo

Penulis adalah WordPress developer yang tinggal di Yogyakarta.

Leave a Reply