10 Sistem Pembayaran Online Paling Populer Di Dunia

10 Sistem Pembayaran Online Paling Populer Di Dunia

Metode pembayaran secara manual baik itu lewat ATM maupun Internet banking banyak dipakai oleh toko online di Indonesia. Prinsip kerjanya sangat sederhana. Setelah pelanggan mentransfer uang, pemilik toko online lalu mengecek pembayaran dan selanjutnya barang akan dikirim.

Kalau transaksi penjualan yang terjadi di toko online masih sedikit memang tidak masalah. Namun kalau jumlah transaksi yang terjadi sudah mencapai ratusan atau bahkan ribuan perhari metode pembayaran secara manual seperti itu sangat merepotkan. Peluang terjadinya kesalahan pun akan sangat besar.

Metode pembayaran yang lebih praktis dan efisien yaitu menggunakan aplikasi pembayaran online yang disebut dengan istilah Payment Gateway.

Apa yang dimaksud dengan Payment Gateway?

Payment Gateway adalah aplikasi atau perangkat lunak pembayaran online yang menjadi jembatan antara pembeli dengan toko online. Payment Gateway menyediakan sistem pembayaran secara otomatis yang akan mempercepat proses transaksi yang terjadi di toko online.

Ada banyak keuntungan yang diperoleh apabila toko online menggunakan Payment Gateway, yaitu antara lain:

  • Pemilik toko online tidak perlu lagi mengecek pembayaran secara manual karena verifikasi pembayaran dari pelanggan terjadi secara otomatis.
  • Keamanan lebih terjamin karena transaksi pembayaran dilakukan lewat pihak ketiga yang lebih terpercaya.
  • Pembeli dari luar negeri bisa melakukan transaksi dengan mudah.

Cukup banyak penyedia layanan Payment Gateway yang bisa dipakai oleh toko online. Masing-masing menawarkan fasilitas dan biaya transaksi yang bervariasi.

Pada artikel ini saya akan membahas 10 penyedia layanan Payment Gateway yang paling populer di dunia.

PayPal

paypal

PayPal merupakan sistem pembayaran online yang paling banyak digunakan di Internet. Dengan PayPal, pelanggan toko online bisa melakukan transaksi pembayaran dengan dana yang tersimpan di akun PayPal mereka atau bisa juga dengan kartu kredit. Selain untuk transaksi pembayaran, PayPal juga menyediakan fasilitas untuk mengirim uang kepada pengguna PayPal yang lain.

Biaya yang dikenakan oleh PayPal untuk setiap transaksi pembayaran yaitu sebesar 2.9% plus $0.30. Tidak ada biaya setup maupun biaya bulanan.

Amazon Payments

amazon payments

Amazon Payments merupakan sistem pembayaran online yang dikelola oleh Amazon.com. Dengan nama besar Amazon.com sebagai toko online yang paling populer di dunia, tentu saja Amazon Payments mempunyai pengguna yang cukup banyak. Dengan Amazon Payments, pemilik toko online bisa memanfaatkan API yang disediakan untuk menerima pembayaran lewat toko online mereka.

Biaya yang dikenakan oleh Amazon Payments dibedakan berdasarkan jumlah transaksi. Jika lebih dari $10, biaya yang dikenakan yaitu 2.9% plus $0.30. Jika kurang dari $10, biaya yang dikenakan lebih besar yaitu 5.0% plus $0.05.

Google Pay

google pay

Google Pay merupakan sistem pembayaran online yang dimiliki oleh Google.com. Dengan Google Pay, pelanggan toko online bisa membayar produk dan layanan yang mereka beli lewat akun yang sudah terkoneksi dengan akun Google yang mereka miliki.

Salah satu kelebihan Google Pay dibandingkan dengan sistem pembayaran online lainnya yaitu mengingat bahwa jutaan pengguna Internet sudah menggunakan Google untuk layanan yang lain, maka transaksi pembayaran lewat Google Pay menjadi lebih mudah.

Biaya yang dikenakan oleh Google Pay bervariasi, tergantung volume transaksinya. Jika total transaksi perbulannya kurang dari $3000, biaya yang dikenakan yaitu 2.9% plus $0.30. Semakin besar volume transaksi perbulannya maka prosentase biaya transaksi akan semakin turun.

ACH Payments

ach payments

Selain sebagai payment gateway dan credit card processor, ACH Payments mempunyai keunggulan yaitu mampu menangani pembayaran dengan sistem ACH dan bisa digunakan sebagai payroll system.

Apa yang dimaksud dengan sistem ACH?

ACH merupakan singkatan dari Automated Clearing House, artinya lembaga yang menyelenggarakan kliring antar bank secara elektronik, otomasi, semiotomasi, atau manual untuk pesertanya yang pada umumnya adalah bank umum.

Instruksi pembayaran yang dikliringkan dapat berupa cek, bilyet giro, nota kredit atau debet dan warkat penerimaan atau pengiriman transfer. Pembayaran melalui ACH biasanya dilakukan untuk jumlah pembayaran yang besar atau pembayaran berkala, seperti pembayaran gaji pegawai atau tagihan bulanan seperti listrik dan telepon.

Stripe

stripe

Stripe merupakan sistem pembayaran online yang cukup populer di kalangan web developer. Stripe menyediakan API yang bisa diintegrasikan ke dalam proyek web development dengan mudah.

Dengan Stripe, web developer bisa membuat form pembayaran sendiri yang disesuaikan dengan proyek yang sedang dikembangkan tanpa perlu mengikuti prosedur pembayaran seperti pada payment gateway pada umumnya.

Biaya transaksi yang dikenakan oleh Stripe yaitu sebesar 2.9% plus $0.30 per transaksi. Tidak ada biaya bulanan maupun biaya setup untuk Stripe.

Authorize.net

authorize.net

Authorize.Net adalah sistem pembayaran yang paling banyak digunakan di internet dan sudah ada sejak tahun 1996. Saat ini, ada lebih dari 375.000 pedagang online yang menggunakannya.

Tiap tahun Authorize.Net menangani lebih dari $88 miliar dalam transaksi dengan aman melalui kartu kredit dan cek.

Biaya transaksi yang dikenakan oleh Authorize.Net yaitu sebesar 2.9% plus $0.30 per transaksi. Selain itu terdapat biaya bulanan sebesar $25.

Skrill

skrill

Skrill, yang sebelumnya dikenal dengaan nama Moneybookers, memiliki beberapa fitur menarik seperti setup gratis, biaya murah, dan kemampuan untuk mengirim pesan teks langsung dari akun Anda.

Selain menjadi alternatif yang populer dan sederhana untuk PayPal, layanan ini sangat bagus untuk pedagang internasional karena Anda diizinkan untuk mentransfer saldo akun Anda ke kartu debit prabayar hampir secara instan.

WePay

wepay

WePay merupakan sistem pembayaran yang memungkinkan pedagang internet menerima kartu kredit dan pembayaran rekening bank secara online. Sistem yang ada di WePay sangat sederhana, bahkan Anda dapat mulai menerima pembayaran dalam waktu kurang dari satu menit.

Kekurangan WePay adalah itu hanya tersedia untuk warga negara AS.

Biaya transaksi yang dikenakan oleh WePay yaitu sebesar 3.5% untuk transaksi dengan kartu kredit dan $0.50 untuk transaksi dengan rekening bank.

2CheckOut

2CheckOut adalah sistem pembayaran yang merupakan kombinasi dari akun pedagang dan payment gateway yang tidak memerlukan PayPal atau akun Merchant.

Cukup daftarkan dan verifikasi akun Anda dan Anda dapat mulai menerima pembayaran kartu kredit, dan bahkan pembayaran PayPal. Perusahaan ini juga menawarkan pembayaran internasional, shopping cart, dan fitur penagihan.

Biaya transaksi yang dikenakan oleh 2CheckOut yaitu sebesar 3.5% plus $0.35 untuk setiap transaksi yang berhasil.

Dwolla

dwolla

Dwolla adalah pesaing langsung dari PayPal. Dwolla merupakan opsi pembayaran yang bertindak sebagai on-ramp ke jaringan ACH, dengan beberapa manfaat luar biasa, misalnya, Anda dapat mentransfer dana melalui email, telepon, Facebook, LinkedIn, atau Twitter.

Untuk bisnis, Anda bisa mengintegrasikan rekening bank ke transfer rekening sebagai bagian dari pembayaran tersebut.

Biaya yang dikenakan oleh Dwolla berbeda-beda, sesuai dengan paket yang dipilih pada saat mendaftar. Untuk paket Start yaitu sebesar 0.5% per transaksi dengan syarat transaksi kurang dari $5.

Penutup

Sistem pembayaran online seperti PayPal, Amazon Pay dan yang lainnya sangat penting apabila Anda ingin membuat toko online dengan target pelanggan dari luar negeri. Bisa dibayangkan betapa repotnya kalau hanya tersedia pembayaran dengan transfer bank.

Selain lebih praktis, dengan sistem pembayaran online tersebut Anda bisa memproses transaksi dari pelanggan luar negeri dengan mudah dan cepat.

Wahyu Wibowo

Penulis adalah WordPress developer yang tinggal di Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan