Cara Submit Website ke Search Engine Secara Manual

Cara Submit Website ke Search Engine Secara Manual

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan submit website ke search engine? Bagi Anda yang masih dalam tahap awal belajar membuat website mungkin bingung dengan istilah submit website tersebut.

Submit website ke search engine maksudnya yaitu mendaftarkan website ke search engine agar terindeks oleh search engine tersebut sehingga nantinya jika ada orang yang mencari informasi lewat search engine, website Anda muncul di halaman hasil pencarian search engine.

Nah, pada artikel ini saya akan membahas beberapa hal berikut:

  • Perlukah submit website ke berbagai search engine secara manual?
  • Bagaimana cara submit website ke search engine Google?
  • Bagaimana cara submit website ke search engine Bing?
  • Bagaimana cara submit website ke search engine Baidu?
  • Bagaimana cara submit website ke search engine Yandex?

Ingin tahu detailnya bagaimana? Baca terus pembahasannya di artikel ini!

Perlukah Submit Website ke Search Engine?

Sebenarnya hal itu tidak perlu karena saat ini teknologi search engine sudah makin canggih. Tanpa Anda daftarkan pun search engine juga akan mendeteksi keberadaan website Anda walaupun website itu termasuk kategori baru.

Dulu pada akhir tahun 90-an marak penyedia layanan yang disebut dengan istilah Search Engine Submission, yaitu jasa submit website ke berbagai search engine. Sekarang penyedia jasa semacam itu sudah makin jarang. Kalaupun ada sudah tidak akan laku lagi. Proses search engine submission tersebut sekarang terjadi secara otomatis.

Anda hanya perlu menunggu selama beberapa waktu saja untuk bisa menemukan website Anda lewat halaman pencarian search engine. Biasanya dalam waktu satu minggu website baru sudah akan terindeks oleh search engine. Apabila website tersebut dibuat dengan WordPress, proses tersebut akan lebih cepat lagi.

WordPress mempunyai fitur ping yang akan mengirimkan pemberitahuan ke search engine secara otomatis apabila ada konten baru yang diposting di website. Itu sebabnya website yang sering di-update akan lebih sering dikunjungi oleh search engine sehingga peringkat di halaman pencarian lebih baik.

Untuk mengecek apakah website Anda sudah terindeks oleh search engine, Anda hanya perlu mencarinya lewat search engine dengan mengetikkan alamat URL homepage website tersebut, misalnya “google.com”. Jika website Anda muncul di halaman hasil pencarian search engine berarti sudah terindeks oleh search engine.

Khusus untuk Google dan Bing, ada cara lain yang lebih efektif untuk mengecek apakah website Anda sudah terindeks atau belum, yaitu dengan operator “site:”. Sebagai contoh ketikkan “site:google.com” di kotak pencarian Google atau Bing lalu tekan Enter.

Namun demikian, jika lebih dari satu minggu ternyata website Anda belum muncul di halaman pencarian search engine, ada kemungkinan terjadi masalah pada website Anda tersebut sehingga search engine lama mengindeks-nya.

Anda bisa mencoba untuk submit website tersebut ke search engine secara manual. Namun Anda tidak perlu submit ke semua search engine, cukup yang populer saja yaitu Google, Bing, Baidu dan Yandex.

Apakah Anda perlu membayar untuk submit website ke search engine?

Tidak perlu. Anda bisa submit website ke search engine secara gratis. Anda hanya perlu membayar jika ingin memasang iklan lewat program PPC yang disediakan oleh Google Adwords.

Berikut ini cara submit website secara manual ke Google, Bing, Baidu dan Yandex.

Submit Website ke Search Engine Google

google

Google merupakan search engine paling populer di dunia dengan market share mencapai 90%, tertinggi bila dibandingkan dengan search engine lainnya. Di Indonesia sendiri market share-nya bahkan mencapai 98%.

Berikut ini cara submit website ke search engine Google secara manual:

Submit Website ke Search Engine Bing

bing

Bing merupakan search engine yang dibuat oleh Microsoft dan beroperasi sejak tahun 2009. Market share Bing sendiri seAndar 3%, berada di peringkat kedua setelah Google. Di Indonesia market share-nya seAndar 0,4%.

Berikut ini cara submit website ke search engine Bing secara manual:

Submit Website ke Search Engine Baidu

baidu

Baidu merupakan search engine yang paling populer di Tiongkok. Secara global market share Baidu seAndar 2% saja, sedangkan di Indonesia hanya mencapai 0,03%.

Berikut ini cara submit website ke search engine Baidu secara manual:

Submit Website ke Search Engine Yandex

yandex

Yandex merupakan search engine yang paling populer di Rusia. Secara global market share Yandex seAndar 0,6% saja, sedangkan di Indonesia hanya mencapai 0,01%.

Berikut ini cara submit website ke search engine Yandex secara manual:

Penutup

Submit website ke berbagai search engine seperti Google dan Bing secara manual bisa mempercepat proses index website tersebut. Terutama apabila setelah beberapa lama dipublikasikan ternyata website tidak juga muncul di halaman pencarian Google.

Namun jangan lalu berharap bahwa dalam waktu singkat website Anda akan langsung muncul di halaman hasil pencarian search engine. Anda masih harus menunggu selama beberapa waktu setelah melakukan submit website.

Wahyu Wibowo

Penulis adalah WordPress developer yang tinggal di Yogyakarta.

Leave a Reply