Tutorial Lengkap Membuat Toko Online Dengan WooCommerce

Tutorial Lengkap Membuat Toko Online Dengan WooCommerce

Siapa yang tidak mengenal istilah toko online? Sesuai dengan namanya, toko online adalah toko yang digunakan untuk berjualan secara online lewat internet. Nah, lalu apa bedanya dengan toko-toko biasa yang sering kita lihat di pinggir jalan itu?

Bedanya terletak pada bentuknya. Toko dengan model konvensional bentuknya adalah bangunan fisik, baik itu toko yang besar-besar seperti supermarket dan swalayan atau bisa juga kecil-kecil seperti ruko dan kios.

Toko online bentuknya bukan bangunan fisik namun hanya berupa website. Toko online pun bermacam-macam, ada yang sangat sederhana misalnya berjualan lewat blog gratisan di Blogger dan ada yang sangat canggih misalnya Amazon.com.

Nah, di artikel kali ini saya akan membahas secara lengkap bagaimana cara membuat toko online di WordPress dengan plugin WooCommerce.

Ingin tahu detailnya bagaimana? Baca terus pembahasannya di artikel ini!

Disclosure: This article contains affiliate links. If you click through and make a purchase, I’ll earn a commission, at no additional cost to you. Read my full disclosure here.

Apa Keuntungan Menjual Produk Lewat Toko Online?

Berikut ini keuntungan menjual produk lewat toko online dibandingkan dengan toko konvensional.

1. Jangkauan Pasar Toko Online Sangat Luas

Tidak seperti toko konvensionall pada umumnya, toko online mempunyai jangkauan pasar yang sangat luas. Pengunjung dari berbagai penjuru dunia bisa berbelanja di toko online Anda. Hebatnya, mereka tidak perlu capek-capek datang ke kios atau ruko Anda, tapi cukup dengan mengakses toko online Anda dengan laptop atau smartphone mereka.

2. Toko Online Buka 24 Jam

Toko online tidak dibatasi oleh waktu. Dengan kata lain toko online buka selama 24 jam non stop. Pengunjung bisa berbelanja kapan saja dia mau, entah itu pagi, siang, sore atau bahkan malam hari ketika Anda sebagai pemilik toko tersebut sedang tidur.

Itulah keistimewaan toko online. Anda sebagai pemilik toko online tidak perlu menunggui toko selama 24 jam. Terserah kapan pengunjung mau berbelanja. Ketika bangun tidur Anda tinggal mengecek pesanan yang masuk, mengecek pembayaran lalu mengirim barang yang mereka pesan. Sangat praktis bukan?

3 Biaya Operasional Toko Online Lebih Murah

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk membuat toko online. Mengapa bisa lebih murah? Karena Anda tidak perlu sewa toko atau kios untuk memajang barang dagangan. Anda hanya perlu mendaftarkan nama domain dan menyewa hosting yang biayanya sangat murah.

Selain itu karena sifatnya online, Anda juga tidak perlu stok barang yang banyak-banyak, cukup seperlunya saja. Bahkan jika kepepet, tanpa stok barang pun toko online Anda masih bisa jalan. Caranya yaitu dengan menampilkan gambar produk yang ingin Anda jual di website. Nantinya Anda bisa segera mencari barang tersebut begitu ada pesanan.

4. Cashflow Toko Online Lebih Lancar

Pada umumnya toko online menggunakan sistem pembayaran di depan. Barang akan dikirim setelah pembayaran diterima, itulah prinsipnya. Jarang sekali yang pakai sistem kredit atau pembayaran setelah barang dikirim. Model pembayaran seperti itu resikonya sangat kecil.

Anda tidak perlu khawatir usaha Anda bakal bangkrut karena ditipu orang. Pembeli pasti akan membayar apabila mereka memang benar-benar berminat pada barang yang Anda jual.

Apa Tantangan Yang Harus Dihadapi Toko Online?

Selain mempunyai banyak keuntungan, tidak bisa dipungkiri bahwa menjual produk lewat toko online juga banyak tantangan yang harus dihadapi.

1. Pengunjung Toko Online Tidak Bisa Melihat Barang Secara Langsung

Kelemahan yang paling mencolok dari toko online yaitu calon pembeli tidak bisa melihat secara langsung, menyentuh maupun mencoba barang yang dijual. Inilah yang menjadi tantangan besar bagi pemilik toko online.

Perlu usaha yang keras untuk meyakinkan pembeli bahwa barang atau produk yang dijual di toko online tersebut benar-benar berkualitas. Salah satu caranya yaitu dengan memberikan garansi.

2. Toko Online Perlu Waktu Lama Untuk Membangun Kepercayaan Pelanggan

Membuat toko online itu gampang, bahkan bisa dibilang kalau ada niat 1 atau 2 jam saja bisa selesai. Namun tidak demikian halnya dengan membangun kepercayaan pelanggan. Perlu waktu yang lama untuk membangun kepercayaan pelanggan di dunia maya. Apalagi pelanggan tidak bisa melihat secara langsung barang yang akan mereka beli.

Itulah sebabnya meskipun sudah memesan barang, pelanggan masih sering ragu-ragu untuk mentransfer uang pembayaran. Anda perlu memiliki strategi khusus agar pelanggan percaya dan mau bertransaksi di toko online Anda.

3. Perlu Strategi Khusus Untuk Menjaga Stok Barang Toko Online

Tanpa memiliki stok barang pun Anda masih bisa berjualan di toko online dengan modal berupa gambar atau foto produk yang Anda jual. Namun itu juga beresiko. Jika suatu saat tiba-tiba ada pesanan dalam jumlah yang besar sementara barang tersebut belum ada, bisa jadi Anda akan pontang-panting untuk memenuhi pesanan tersebut.

Mengapa Harus Membuat Toko Online Dengan WooCommerce?

WooCommerce adalah plugin untuk membuat toko online di WordPress dengan beragam fitur lengkap yang mendukung fungsi toko online modern seperti manajemen inventori barang, shopping cart, metode pembayaran, perhitungan ongkos kirim barang serta pelaporan.

Apa itu WordPress?

WordPress adalah software Content Management System (CMS) yang berfungsi untuk memudahkan Anda dalam membuat dan mengelola website. Bisa dikatakan bahwa WordPress merupakan CMS yang paling populer saat ini.

Berdasarkan data statistik yang saya kutip dari website W3Techs (Juni 2020), lebih dari 37% website yang ada di dunia dibuat dengan WordPress. Jumlah tersebut jauh lebih besar bila dibandingkan dengan CMS populer lainnya seperti Joomla dan Drupal.

Mengapa WordPress sangat populer? Apa saja kelebihan WordPress dibandingkan dengan CMS lainnya?

1. WordPress Merupakan Software Open Source

WordPress merupakan software yang free dan open source. Siapa pun bisa menggunakan WordPress secara gratis, tanpa perlu bayar. Selain itu source code WordPress bersifat terbuka dan bisa dimodifikasi sesuai dengan keperluan.

Kalau Anda ingin membuat website dengan WordPress, Anda tinggal menyediakan hosting dan nama domain saja. Software-nya yaitu WordPress sudah tersedia dan tinggal dipakai saja. Kalau Anda kesulitan untuk mengatur setting WordPress atau ingin mengubah tampilannya, ada banyak sekali developer WordPress yang siap membantu.

2. WordPress Merupakan CMS Multi Purpose

WordPress merupakan software yang multi-purpose. Anda bisa menggunakan WordPress untuk membangun berbagai macam website seperti blog, personal website, toko online, direktori bisnis, company profile, komunitas online, website sekolah, dan sebagainya.

Bahkan bisa dibilang bahwa segala macam model website bisa dibuat dengan WordPress. Anda tinggal mencari plugin WordPress yang sesuai dengan model website yang ingin Anda buat. Atau kalau tidak ada, Anda bisa membuatnya sendiri.

3. Tampilan WordPress User Friendly

WordPress terkenal dengan tampilannya yang simpel dan mudah digunakan. Kecuali Anda ingin memodifikasi tampilan website, Anda tak perlu mahir pemrograman web untuk bisa menggunakan WordPress.

Dengan WordPress Anda bisa mengatur dan mengubah setting website Anda setiap saat. Anda bisa mengatur navigasi menu, menambah dan menghapus user, maupun menginstall plugin sendiri dengan mudah tanpa harus meminta bantuan kepada web developer.

4. WordPress Merupakan CMS Yang Search Engine Friendly

Bisa dikatakan bahwa WordPress merupakan Content Management System yang search engine friendly. Artinya, Google sangat menyukai website yang dibuat dengan WordPress. Website Anda dijamin akan mudah terindeks oleh search engine.

WordPress juga mempunyai beberapa plugin SEO yang bisa Anda pakai untuk mengatur setiap aspek website Anda agar lebih disukai oleh search engine. Salah satu plugin SEO yang cukup populer adalah Yoast SEO.

5. Tampilan WordPress Mobile Friendly

Saat ini desain website yang mobile friendly merupakan suatu kebutuhan. Mengapa demikian? Karena kecenderungannya sekarang ini orang lebih suka menggunakan smartphone daripada komputer desktop untuk mengakses website.

Jadi mau nggak mau website Anda juga harus menyesuaikan hal itu. Untungnya jika website Anda menggunakan WordPress, Anda tidak perlu bersusah payah. Saat ini hampir semua theme WordPress yang dirilis, baik itu yang gratisan maupun komersial sudah mobile friendly.

6. WordPress Memiliki Fasilitas Visual Editing

WordPress sudah dilengkapi dengan fasilitas editing berbasis visual. Tampilannya mirip dengan aplikasi Office yang sering Anda gunakan untuk mengetik dokumen. Anda bisa membuat dan mengedit konten website Anda sendiri dengan mudah tanpa harus mempelajari kode HTML yang rumit.

Visual editing di WordPress juga sudah terintegrasi dengan fasilitas untuk mengupload gambar atau foto sehingga Anda bisa menambahkan gambar di konten website Anda dengan mudah.

7. WordPress Merupakan CMS Multi User

WordPress merupakan Content Management System yang multi user. Itu artinya user yang bisa login ke website Anda tidak hanya satu. Sebagai administrator Anda bisa menambah dan mengatur hak akses setiap user di website Anda.

Apabila website Anda merupakan website bisnis dan perusahaan Anda memiliki banyak karyawan maka Anda bisa mendelegasikan pengelolaan website tersebut kepada beberapa karyawan sekaligus. Setiap karyawan bisa mengakses website Anda sesuai dengan hak akses yang mereka miliki.

8. WordPress Menyediakan Theme Lengkap

Theme merupakan komponen WordPress yang bertanggung jawab untuk mengatur tampilan atau layout website. Dengan theme, Anda bisa mengubah tampilan website sesuai dengan kebutuhan Anda.

Di website WordPress Theme Directory, Anda bisa menemukan ribuan theme gratis yang bisa Anda gunakan untuk mengatur tampilan website Anda. Jika tidak ada yang cocok, Anda juga bisa mencari theme lain baik itu yang gratisan maupun premium dengan mudah.

9. WordPress Menyediakan Plugin Lengkap

Plugin merupakan aplikasi tambahan yang berfungsi untuk menambah fasilitas di WordPress. Dengan plugin tersebut Anda bisa menambah atau melengkapi website Anda dengan fitur-fitur yang menarik seperti toko online, forum diskusi, media sosial dan sebagainya.

Anda bisa mencari plugin WordPress yang Anda butuhkan di WordPress Plugin Directory. Di situ tersedia ribuan plugin gratis yang bisa Anda pakai untuk menambah fitur di website Anda.

10. WordPress Memiliki Fasilitas Auto Update

Tidak ada sistem yang 100% aman di dunia ini, termasuk WordPress. Apalagi WordPress merupakan software yang free dan open source. Dari waktu ke waktu pasti ditemukan celah keamanan di WordPress yang bisa dimanfatkan oleh orang jahat untuk menjebol website.

Oleh karena itu update wajib dilakukan agar website aman. Dalam hal ini WordPress patut diacungi jempol. Mengapa demikian? Karena saat ini WordPress telah dilengkapi dengan fasilitas auto-update. Apabila tersedia update baru, secara otomatis website akan mendownload dan memperbarui software WordPress yang digunakan.

Mengapa Memilih Plugin WooCommerce? Apa Saja Kelebihannya?

Seperti yang sudah dibahas di atas, WordPress bisa dipakai untuk membuat berbagai macam website, termasuk toko online. Namun demikian Anda harus menginstall plugin tambahan untuk membuat toko online di WordPress.

Banyak sekali plugin yang bisa Anda pakai untuk membuat toko online di WordPress. Saking banyaknya, mungkin Anda akan bingung sendiri kalau disuruh memilih plugin apa yang sebaiknya digunakan.

Diantara plugin-plugin tersebut yang paling populer yaitu WooCommerce. Terbukti hingga saat ini menurut data statistik di WordPress Plugin Repository, plugin tersebut sudah didownload lebih dari 20 juta kali.

Apabila dibandingkan dengan aplikasi web lainnya, yang sama-sama berfungsi untuk membangun toko online, WooCommerce pun tidak kalah. Situs BultWith mencatat bahwa WooCommerce paling banyak digunakan untuk membuat toko online dibandingkan teknologi lainnya.

Apa yang membuat banyak orang lebih memilih WooCommerce untuk membuat toko online dibandingkan dengan plugin lainnya?

Berikut ini 5 alasan mengapa Anda sebaiknya menggunakan WooCommerce:

1. WooCommerce Memiliki Fasilitas Sangat Lengkap

Hampir semua model toko online didukung oleh WooCommerce. Entah itu toko online untuk jualan baju atau produk digital seperti software dan musik, kursus online berbayar maupun situs membership, semuanya bisa dibuat dengan WooCommerce.

WooCommerce juga mendukung berbagai macam metode shipping dan cara pembayaran. Kalau fasilitas yang Anda butuhkan tidak tersedia di WooCommerce, Anda bisa mencari plugin atau ekstensi tambahan yang dibuat oleh pihak ketiga.

2. WooCommerce Terintegrasi Dengan WordPress

Harus diakui bahwa saat ini WordPress merupakan CMS yang paling banyak digunakan di Internet untuk membuat website. Popularitas WordPress ini secara tidak langsung juga memberikan nilai tambah tersendiri bagi WooCommerce.

Cukup dengan WordPress dan WooCommerce orang bisa membuat toko online yang memiliki fasilitas lengkap. Selain untuk jualan, juga bisa untuk ngeblog, membuat forum diskusi, dan sebagainya.

3. WooCommerce Merupakan Plugin Yang Search Engine Friendly

Bisa dibilang kalau saat ini search engine, terutama Google merupakan alat bantu utama yang dipakai oleh pengguna Internet dalam mencari informasi. Jadi faktor search engine friendly ini sangat penting agar produk dan layanan yang Anda jual secara online lebih mudah ditemukan lewat berbagai search engine.

Kunci dari search engine friendly adalah optimasi konten. Tidak ada platform eCommerce lain yang bisa menandingi WooCommerce dalam hal optimasi konten.

4. Tersedia Banyak Ekstensi Untuk WooCommerce

Ekstensi WooCommerce berfungsi untuk menambah atau meningkatkan fungsional dari toko online dengan WooCommerce. Sama seperti plugin dalam hal ini Anda juga bisa memilih, apakah mau menggunakan ekstensi yang berbayar atau gratisan.

Pada prinsipnya ekstensi WooCommerce termasuk plugin WordPress juga, hanya saja penggunaannya tergantung dari WooCommerce. Artinya ekstensi tersebut hanya bisa berfungsi kalau Anda juga menggunakan WooCommerce di website Anda.

5. WooCommerce Memiliki Dokumentasi Lengkap

Faktor yang tak kalah pentingnya adalah ketersediaan dokumentasi. Anda bisa menemukan banyak sekali tutorial yang membahas tentang WooCommerce, baik itu di website resmi WooCommerce maupun di website lain.

Dengan ketersediaan dokumentasi yang melimpah Anda tidak perlu khawatir lagi kalau sewaktu-waktu menemui kesulitan ketika membangun toko online dengan WooCommerce karena banyak artikel maupun tutorial yang bisa Anda pakai sebagai referensi.

Contoh Toko Online Yang Menggunakan WooCommerce

Anda tentu penasaran bagaimana tampilan toko online yang dibuat dengan WooCommerce, bukan? Nah di bawah ini contoh beberapa website yang menggunakan WooCommerce untuk jualan online.

Setelah melihat contoh beberapa toko online di atas, apakah Anda masih ragu untuk membuat toko online dengan WooCommerce?

Menentukan Nama Domain dan Hosting Untuk Toko Online

Sebelum mulai membuat toko online dengan WordPress dan WooCommerce, Anda perlu mendaftarkan nama domain atau alamat website Anda terlebih dahulu. Biaya pendaftaran nama domain sekitar 150 – 250 ribu pertahun, tergantung ekstensi domain yang Anda pilih.

Ada dua hal yang perlu diperhatikan ketika Anda memilih nama domain untuk toko online, yaitu:

  • Pilihlah nama domain sesuai dengan nama usaha Anda agar lebih mudah dalam proses pemasaran maupun branding toko online.
  • Pilihlah ekstensi domain .COM karena lebih populer daripada ekstensi lainnya. Tujuannya yaitu agar pengunjung tidak ragu-ragu ketika belanja di toko online Anda.

Selain nama domain, Anda juga perlu layanan web hosting untuk menempatkan file-file website Anda agar bisa diakses lewat internet selama 24 jam. Setiap penyedia layanan web hosting biasanya juga menyediakan layanan pendaftaran nama domain, jadi Anda bisa sekalian mendaftarkan nama domain toko online Anda.

Anda bisa memilih penyedia layanan web hosting apa saja. Namun jangan mudah terkecoh dengan layanan web hosting dengan slogan murah. Mengapa demikian? Karena biasanya harga layanan web hosting itu berbanding lurus dengan kualitasnya. Usahakan untuk memilih layanan web hosting yang kualitasnya bagus namun tidak terlalu mahal dan juga tidak terlalu murah.

Harus diakui bahwa memilih web hosting yang terbaik untuk toko online itu sangat sulit. Ada yang menawarkan paket hosting dengan biaya yang sangat murah namun fasilitasnya ternyata minimal. Ada juga yang menawarkan paket hosting dengan fasilitas sangat mewah namun biayanya cukup mahal.

Oleh karena itu jika anggaran yang tersedia tidak terlalu besar Anda harus menentukan pilihan dengan cermat. Setidaknya ada tiga faktor utama yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan yaitu harga, kapasitas penyimpanan, dan bandwidth.

Setiap penyedia layanan web hosting menawarkan paket hosting dengan harga yang bervariasi, ada yang sangat murah namun ada juga yang super mahal. Harga paket hosting tersebut biasanya dipengaruhi oleh kapasitas penyimpanan dan bandwidth yang disediakan. Semakin besar kapasitas hosting maka harga paket hosting juga makin mahal.

Jika Anda membayar 1, 2 atau 3 tahun sekaligus biasanya total biaya yang harus Anda bayarkan semakin murah. Jadi kalau ingin lebih murah usahakan untuk membayar beberapa tahun sekaligus.

Anda bisa memilih penyedia layanan web hosting dari dalam negeri maupun luar negeri. Hosting dari luar negeri pada umumnya menyediakan paket hosting dengan kapasitas penyimpanan dan bandwidth sangat besar. Hanya saja Anda harus membayar dengan PayPal atau kartu kredit/debit.

Jika Anda tidak punya kartu kredit atau akun PayPal, Anda bisa melakukan pembayaran dengan kartu debit Jenius dari bank BTPN. Kartu debit tersebut menyediakan beberapa kartu dengan logo Visa, salah satunya kartu virtual yang bisa dipakai untuk transaksi online.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini beberapa penyedia layanan web hosting luar negeri yang memiliki reputasi cukup bagus.

1. DreamHost

  • Biaya $2.59 / Bulan
  • 50GB SSD Storage
  • Unmetered Bandwidth
  • Gratis domain dan sertifikat SSL
  • WordPress Pre-installed

DreamHost merupakan salah satu penyedia layanan web hosting yang secara resmi direkomendasikan oleh WordPress. Ada tiga kategori paket hosting untuk WordPress yang ditawarkan oleh DreamHost, yaitu WordPress Basic, DreamPress dan VPS WordPress.

Paket hosting WordPress Basic ditawarkan dengan biaya mulai dari $2.59 / bulan. Walaupun biayanya cukup murah namun fasilitas yang disediakan sangat mewah. Dengan paket hosting yang paling murah tersebut Anda bisa mendapatkan hosting dengan kapasitas penyimpanan 50 GB dan bandwidth tidak dibatasi.

Anda bisa melihat profile DreamHost di website TrustPilot untuk mengetahui bagaimana pendapat dan komentar para pengguna DreamHost terkait kualitas layanan web hosting tersebut.

dreamhost trustpilot

Dari 1.217 pengguna yang memberikan penilaian, sebanyak 76% diantaranya memberikan penilaian Excellent untuk layanan DreamHost. Itu artinya kualitas layanan yang diberikan sangat bagus dan mereka sangat puas dengan DreamHost. Hanya sekitar 6% saja yang menilai kualitas layanan web hosting tersebut jelek.

2. SiteGround

  • Biaya $6.99 / Bulan *
  • 10 GB SSD Storage
  • Unmetered Traffic
  • Gratis SSL, email, CDN, & backups
  • WordPress Free Install

*Biaya normal untuk perpanjangan $14.99 / bulan

SiteGround merupakan salah satu penyedia layanan web hosting yang secara resmi direkomendasikan oleh WordPress. Ada tiga paket hosting untuk WordPress yang ditawarkan oleh SiteGround, yaitu StartUp, GrowBig dan GoGeek.

Paket hosting yang paling murah yaitu StartUp ditawarkan dengan biaya mulai dari $6.99 / bulan. Dengan paket hosting StartUp tersebut Anda akan mendapatkan fasilitas hosting dengan kapasitas penyimpanan 10 GB dan bandwidth tidak dibatasi.

Anda bisa melihat profile SiteGround di website TrustPilot untuk mengetahui bagaimana pendapat dan komentar para pengguna SiteGround terkait kualitas layanan web hosting tersebut.

siteground trustpilot

Dari 5.872 pengguna yang memberikan penilaian, sebanyak 93% diantaranya memberikan penilaian Excellent untuk layanan SiteGround. Itu artinya kualitas layanan yang diberikan sangat bagus dan mereka sangat puas dengan SiteGround. Hanya sekitar 4% saja yang menilai kualitas layanan web hosting tersebut jelek.

Wahyu Wibowo

Penulis adalah WordPress developer yang tinggal di Yogyakarta.

Leave a Reply